Minggu, 08 Januari 2017

IKLAN BUKALAPAK “HARGA SAKIT JIWA”



Iklan ini menceritakan tentang salah satu aplikasi belanja online yang sedang melakukan potongan harga besar-besaran. Orang-orang yang melakukan gerakan cepat maksudnya adalah mereka menggambarkan kalau mereka bahagia belanja di aplikasi online dengan potongan harga yang gila-gilaan. Ditambah lagi dengan music yang menunjang aksi dari orang-orang yang berperan tersebut.

Analisis SWOT
1.      Strengths (Kekuatan)
a.       Orang-orang berperan dalam iklan tersebut cukup membuat masyarakat terhibur Karena aksi mereka yang melakukan gerakan cepat.
b.      Music yang digunakan juga menarik sehingga masyarakat yang melihat iklan tersebut merasa terhibur.
c.       Iklan tersebut menampilkan bagaimana cara mendapatkan potongan harga gila-gilaan.

2.      Weaknesses (Kelemahan)
a.       Sebagian masyarakat mungkin kurang mengerti apa maksud dan tujuan dengan melakukan gerakan cepat tersebut.
b.      Semua gerakan cepat seperti music, tulisan, orang yang berperan, dan juga cara mendapatkan potongan membuat orang bingung dan berniat mengganti siaran tv yang lain untuk menghindari iklan tersebut.
c.       Orang yang berperan tersebut sedikit tidak masuk diakal dalam mengapresiasikan ketika senang dalam mendapatkan potongan yang gila-gilaan.

3.      Opportunities (Peluang)
a.       Semakin banyaknya kesibukan maka semakin banyak orang menginginkan hal yang praktis.
b.      Menggunakan orang yang terkenal untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk melihat iklan lebih lama.
c.       Memasukkan iklan dalam siaran tv yang sering dilihat masyarakat.

4.      Threats (Ancaman)
a.       Mulai muncul iklan aplikasi belanja online yang baru dan menarik.
b.      Menggunakan orang yang terkenal namun ada sedikit konflik dalam kehidupannya akan menimbulkan dampak negative bagi iklan yang disiarkan.
c.       Terlalu banyaknya iklan yang ditayangkan pada siaran tv juga akan membuat masyarakat jenuh.

Segmentasi dan Targeting
1.      Segmentasi
Iklan ini untuk semua kalangan menengah maupun kalangan atas

2.      Targeting
Diutamakan untuk remaja yang gemar dengan belanja online, lalu untuk orang tua yang malas untuk belanja keluar rumah.

Inovasi
è Buat iklan yang lebih dimengerti oleh masyarakat, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat sehingga akan membuat siapa saja yang menonton merasa jenuh dan bosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar