Iklan ini menceritakan
tentang sepasang remaja yang sedang bertengkar karena makanan. Sepasang remaja
ini memiiki pendapat yang berbeda-beda. Si cowok yang suka makan beng-beng
secara langsung dan si cewek suka makan beng-beng secara dingin. Tiba-tiba si
cewek memasukkan beng-beng dingin kedalam mulut si cowok, cowok tersebut
terkejut dengan tindakan si cewek namun dia tetap mengunyah makanan tersebut
dan ternyata beng-beng dingin tidak seburuk yang dia pikirkan. Tidak berapa
lama sicowok juga melakukan hal yang sama kepada si cewek. Dan respon si cewek
pun sama dengan si cowok yang ternyata menyukai beng-beng langsung atau tidak
dingin. Karena perdebatan mereka yang mengharuskan makan beng-beng secara
langsung atau makan beng-beng secara dingin itu salah. Dari awalnya mereka
bertengkar akibat perbedaan pendapat masalah makanan, akhirnya mereka
dipersatukan dengan sebuah pernikahan.
Analisis SWOT
1. Strengths
(Kekuatan)
a. Iklan
tersebut menggunakan artis yang sedang naik daun untuk menarik perhatian
masyarakat, termasuk menarik perhatian para penggemar artis tersebut.
b. Cukup
menarik dengan perbedaan beng-beng dimakan langsung atau dingin.
c. Tema
yang diambil cukup jelas sehingga masyarakat ingin menontonnya hingga iklan
selesai.
2. Weaknesses
(Kelemahan)
a. Kurangnya
melakukan variasi dalam tema iklan sehingga masyarakat beranggapan bahwa iklan
tersebut dialognya akan sama walaupun endingnya nanti berbeda.
b. Bukan
hanya tema dalam iklan saja, tetapi variasi kemasan juga tidak pernah berubah.
c. Artis
yang berperan tidak pernah berubah. Sehingga masyarakat jenuh semua yang
ditampilkan sama hanya berbeda beberapa saja.
3. Opportunities
(Peluang)
a. Semakin
banyak perubahan dalam iklan maka akan
semakin banyak yang melihat iklan tersebut.
b. Banyaknya
artis yang sedang naik daun akan lebih membantu untuk meningkatkan iklan demi
menarik perhatian masyarakat.
c. Semakin
banyaknya kesibukan maka semakin banyak orang menginginkan hal yang praktis.
4. Threats
(Ancaman)
a. Banyaknya
iklan baru dan menarik dengan produk yang hampir sama.
b. Banyaknya
artis yang sedang naik daun disibukkan dengan aktivitas-aktivitas mereka
masing-masing sehingga perusahaan terpaksa mencari artis yang biasa saja.
c. Lebih
banyak memilih makanan yang tidak terlalu banyak coklat didalamnya.
Segmentasi dan Targeting
1. Segmentasi
Iklan ini untuk semua kalangan,
baik menengah kebawah maupun keatas.
2. Targeting
Seluruh masyarakat Indonesia. Baik
anak-anak hingga orang tua.
Inovasi
è Merubah
tema iklan, jangan sampai sama dengan tema yang sebelum-sebelumnya. Bukan hanya
tema, mungkin variasi produk yang di iklankan yaitu beng-beng yang harus di
rubah. Karena maksud dan tujuan dari iklan tersebut adalah agar produk tersebut
banyak peminatnya. Kalau hanya tema iklan yang berubah tetapi variasi dari
produk tidak berubah, buat apa? Jadi, kalau ingin membuat iklan baru, semuanya
harus baru. Mulai dari artis yang memerankan, tema iklan, variasi produk, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar