Minggu, 08 Januari 2017

IKLAN BENG BENG “LANGSUNG VS DINGIN”



Iklan ini menceritakan tentang sepasang remaja yang sedang bertengkar karena makanan. Sepasang remaja ini memiiki pendapat yang berbeda-beda. Si cowok yang suka makan beng-beng secara langsung dan si cewek suka makan beng-beng secara dingin. Tiba-tiba si cewek memasukkan beng-beng dingin kedalam mulut si cowok, cowok tersebut terkejut dengan tindakan si cewek namun dia tetap mengunyah makanan tersebut dan ternyata beng-beng dingin tidak seburuk yang dia pikirkan. Tidak berapa lama sicowok juga melakukan hal yang sama kepada si cewek. Dan respon si cewek pun sama dengan si cowok yang ternyata menyukai beng-beng langsung atau tidak dingin. Karena perdebatan mereka yang mengharuskan makan beng-beng secara langsung atau makan beng-beng secara dingin itu salah. Dari awalnya mereka bertengkar akibat perbedaan pendapat masalah makanan, akhirnya mereka dipersatukan dengan sebuah pernikahan.

Analisis SWOT
1.      Strengths (Kekuatan)
a.       Iklan tersebut menggunakan artis yang sedang naik daun untuk menarik perhatian masyarakat, termasuk menarik perhatian para penggemar artis tersebut.
b.      Cukup menarik dengan perbedaan beng-beng dimakan langsung atau dingin.
c.       Tema yang diambil cukup jelas sehingga masyarakat ingin menontonnya hingga iklan selesai.

2.      Weaknesses (Kelemahan)
a.       Kurangnya melakukan variasi dalam tema iklan sehingga masyarakat beranggapan bahwa iklan tersebut dialognya akan sama walaupun endingnya nanti berbeda.
b.      Bukan hanya tema dalam iklan saja, tetapi variasi kemasan juga tidak pernah berubah.
c.       Artis yang berperan tidak pernah berubah. Sehingga masyarakat jenuh semua yang ditampilkan sama hanya berbeda beberapa saja.

3.      Opportunities (Peluang)
a.       Semakin banyak perubahan dalam  iklan maka akan semakin banyak yang melihat iklan tersebut.
b.      Banyaknya artis yang sedang naik daun akan lebih membantu untuk meningkatkan iklan demi menarik perhatian masyarakat.
c.       Semakin banyaknya kesibukan maka semakin banyak orang menginginkan hal yang praktis.
  
4.      Threats (Ancaman)
a.       Banyaknya iklan baru dan menarik dengan produk yang hampir sama.
b.      Banyaknya artis yang sedang naik daun disibukkan dengan aktivitas-aktivitas mereka masing-masing sehingga perusahaan terpaksa mencari artis yang biasa saja.
c.       Lebih banyak memilih makanan yang tidak terlalu banyak coklat didalamnya.

Segmentasi dan Targeting
1.      Segmentasi
Iklan ini untuk semua kalangan, baik menengah kebawah maupun keatas.

2.      Targeting
Seluruh masyarakat Indonesia. Baik anak-anak hingga orang tua.

Inovasi
è Merubah tema iklan, jangan sampai sama dengan tema yang sebelum-sebelumnya. Bukan hanya tema, mungkin variasi produk yang di iklankan yaitu beng-beng yang harus di rubah. Karena maksud dan tujuan dari iklan tersebut adalah agar produk tersebut banyak peminatnya. Kalau hanya tema iklan yang berubah tetapi variasi dari produk tidak berubah, buat apa? Jadi, kalau ingin membuat iklan baru, semuanya harus baru. Mulai dari artis yang memerankan, tema iklan, variasi produk, dll.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar